TECHNOLOGY

Penanganan pasca panen kopi merupakan proses yang perlu diperhatikan sebab akan mempengaruhi kualitas biji kopi. Baik dan tidaknya proses pasca panen kopi dipengaruhi oleh sarana dan prasarana pasca panen kopi.

Berikut beberapa saran dan prasarana pasca panen yang dimiliki Mountain Cafe Coffee Clinic :

Lokasi

Lokasi bangunan yang dipilih bebas dari pencemaran, bukan di daerah pembuangan sampah dan kotoran cair maupun padat, jauh dari peternakan dan industri yang mengeluarkan polusi yang tidak dikelola secara baik, bukan disaluran yang pembuangannya buruk, dekat dengan sentra produksi sehingga menghemat biaya transportasi dan menjaga kesegaran produk.

Bangunan

            Bangunan telah memenuhi syarat teknis dan kesehatan sesuai dengan jenis produk yang ditangani. Mudah dibersihkan, mudah dilaksanakan tindak sanitasi dan mudah diperlihara. Tata letak diatur sesuai dengan urutan proses penangan sehingga lebih efisien. Penerangan cukup dan lampu berpelindung.

Wadah dan Pembungkus

            Wadah dan pembungkus telah memenuhi syarat seperti, dapat melindungi dan mempertahankan mutu isinya terhadap pengaruh dari luar, dibuat dari bahan yang tidak menghasilkan zat yang dapat mengganggu kesehatan atau mempengaruhi mutu produk, tahan atau tidak berubah selama pengangkutan dan peredaran, sebelum dikenakan wadah harus dibersihkan, wadah dan bahan pengemas disimpan pada ruangan yang kering dengan ventilasi yang cukup dan dicek kebersihannya.

Alat dan Mesin

Alat dan mesin pengolahan kopi biasanya digunakan pada penanganan pasca panen kopi secara berkelompok, menengah dan besar yang menangani proses pengolahan kopi dengan cara kering, semi basah maupun basah. Proses pengolahan kopi dengan bantuan alat dan mesin memerlukan biaya operasional untuk bahan bakar dan listrik.

            Alat dan mesin yang digunakan saat penanganan pasca panen kopi telah memenuhi syarat minimum yang telah ditetapkan dan teruji kinerja oleh Balai Pengujian Mutu Alat dan Mesin Pertanian. Selain itu alat dan mesih yang harus memenuhi persyaratan teknis, kesehatan, ekonomis dan ergonomis.

Syarat peralatan dan mesih yang digunakan dalam penanganan pasca panen kopi meliputi

  1. Permukaan yang berhubungan dengan bahan yang diproses tidak boleh berkarat dan tidak mudah mengelupas
  2. Mudah dibersihkan dan dikontrol
  3. Tidak mencemari hasil dan tidak bereaksi dengan produk

Alat dan mesin yang digunakan dalam penanganan pasc panen kopi diantaranya :

  1. Mesih pengupas kulit buah kopi (pulper) yang digunakan untuk mengupas biji kopi dalam proses oengolahan cara basah dan semi basah
  2. Mesin pencuci biji kopi yang berfungsi melepas lapisan lendir dan memberikan benda asing dipermukaan kulit tanduk
  3. Mesin pengering yang berfungsi mempercepat proses difusi air sehingga aman disimpan dan tetap memiliki mutu yang baik sampai tahap proses pengolahan selanjutnya
  4. Mesin pengupas (huller) biji kopi kering yang berfungsi memisahkan kulit buah kering, kulit buah tanduk dan kulit ari sehingga diperoleh biji kopi yang bersih dan bermutu baik
  5. Mesin sortasi biji kopi yang berfungsi untuk meningkatkan produktivitas kerja sortasi manual
Created with Visual Composer
%d blogger menyukai ini: