INDIKASI GEOGRAFIS

Kopi Arabika Kalosi Enrekang

Karakteristik

Kopi Arabika Kalosi Enrekang sudah terkenal di pasar domestik dan internasional. Dikenal sebagai kopi spesial dengan rasa dan aromanya yang khas. Saat dipanggang sedang memiliki rasa manis dan sedikit pedas. Ia juga memiliki variasi aroma yang sangat khas, menggabungkan antara lain rempah-rempah, coklat, buah-buahan, bunga dan karamel. Kopi Arabika Kalosi Enrekang sudah bersertifikat organic dan harus bebas cacat.

Lingkungan

Aroma kopi Arabika Kalosi Enrekang berasal dari interaksi antara varietas kopi yang digunakan dengan kondisi geografis di daerah penanaman, budidaya dan pengolahan. Metode produksi biji kopi tradisional lokal merupakan salah satu faktor yang berkontribusi terhadap kualitas spesifik kopi Arabika Kalosi Enrekang. Wilayah geografis (9 00-2500 m dpl, dengan tanah podzolik dan udara dingin dan kering), ekosistem pertanian (sangat cocok untuk kopi Arabika) dan kondisi iklim dataran tinggi kuno Pegunungan Latimojong, dikombinasikan dengan pengetahuan produsen, membuat kopi berkualitas tinggi.

Batas Wilayah

Areal produksi kopi Arabika Kalosi Enrekang terletak pada ketinggian 1.000–2.000 m dpl di lereng Pegunungan Latimojong serta perbatasan dengan Toraja yang meliputi lima kecamatan yaitu Bungin, Baraka, Buntu Batu, Baroko dan Masalle di Enrekang. Kabupaten Provinsi Sulawesi Selatan.

5/5
  • SULAWESI SELATAN
  • 2013-02-15 17:32:19
  • ID G 000000018
Created with Visual Composer